Jln. Pramuka RT. 26 No. 1 Banjarmasin
Kalimantan Selatan, 70238
0852 5110 2383
0857 5112 8566
wahyudi@klikbjm.com
info@pasarborneo.com

Strategi Memilih Nama Domain

Strategi Memilih Nama Domain

Memilih nama domain merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan domain merupakan sebuah cara untuk menuju ke website yang kita miliki. Tanpanya, pembeli dan pelanggan kita tidak akan pernah sampai ke website yang berisi informasi tentang produk-produk atau jasa yang kita tawarkan.

Berdasarkan pengamatan kami, setidaknya ada 3 strategi dalam memilih nama domain. Kira-kira apa saja ketiga strategi tersebut?

  • Strategi Nama Brand. Strategi ini menggunakan brand nya sendiri sebagai nama domainnya. Sebagai contoh gramedia.com, facebook.com, google.com, kirim.email dan lain sebagainya.
  • Strategi Keyword. Strategi ini menggunakan kata kunci sebagai nama domainnya. Sebagai contoh jualjilbabinstant.com, jualtiketmurah.com, gudegjogja.com, hotelmurahbandung.id dan lain sebagainya.
  • Strategi Gabungan. Strategi ini menggunakan kata kunci sekaligus nama brand nya sebagai nama domainnya. Sebagai contoh jilbabsyarinafisa.com, celanasarungwadimor.com dan lain sebagainya.

Mana yang lebih bagus?

Ketiga strategi tersebut semuanya bagus. Tetapi perlu kita sadari, setiap strategi punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Jika Anda memilih strategi nama brand, maka kemungkinkan untuk cepat mendapatkan traffic dan sales secara organik itu cukup lama. Penyebabnya adalah brand yang belum dikenal oleh masyarakat. Sehingga perlu melakukan brand awareness kepada target market Anda.

Namun jika brand Anda sudah dikenal oleh masyarakat, maka nama domain dengan menggunakan nama brand ini akan menjadi aset yang sangat berharga dalam jangka panjang. Mungkin Anda sudah pernah mendengar ada kasus nama domain bisa mempunyai harga senilai puluhan bahkan ratusan juta. Ini Karena nama domain tersebut adalah nama brand yang sudah diambil oleh orang lain yang justru bukan pemilik brand.

Namun beda cerita jika Anda hanya ingin fokus ke penjualan dan tidak mementingkan brand. Strategi keyword bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan penjualan secara cepat. Hal ini memanfaatkan konsep yang bernama Exact-Match Domain (EMD).

Ketika ada orang mengetikkan kata kunci dan kebetulan ada nama domain yang sama dengan kata kunci tersebut, maka ada kemungkinan nama domain tersebut muncul di hasil pencarian di search engine.

Tetapi untuk jangka panjang, bisnis Anda sudah berkembang dan dikenal oleh banyak orang, maka agak aneh rasanya jika ada yang tanya tentang brand Anda. Anda akan menyebutkan nama bisnis Anda seperti jualjilbabinstant.com atau gudegjogja.com dan lain sebagainya.

Dan strategi yang ketiga yaitu gabungan antara strategi nama brand dengan strategi keyword bisa menjadi jalan tengahnya. Hanya saja, kelemahannya adalah nama domainnya akan menjadi sangat panjang dan akan sulit untuk dihafal oleh pelanggan Anda.

Untuk mendapatkan domain Anda bisa menyewanya pada penyedia domain dan hosting. Ada banyak sekali pilihan mulai dari harga Rp90.000 (syarat dan ketentuan berlaku) sampai dengan 150.000 per tahun. Menurut kami ini adalah harga yang sangat murah untuk sebuah domain.

Itulah 3 strategi dalam memilih nama domain untuk bisnis Anda. Strategi apapun pilihan Anda semoga bisa mendatangkan traffic dan pendapatan untuk Anda. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Share

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: