Jln. Pramuka RT. 26 No. 1 Banjarmasin
Kalimantan Selatan, 70238
0852 5110 2383
0857 5112 8566
wahyudi@klikbjm.com
info@pasarborneo.com

Alasan Mengapa Strategi Branding Sangat Penting untuk Bisnis Anda

Alasan Mengapa Strategi Branding Sangat Penting untuk Bisnis Anda

Untuk sukses dalam strategi branding, sebelumya Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan serta prospek yang Anda tentukan. Untuk itu di artikel kali ini saya  membeberkan strategi branding yang baik.

Sewaktu saya kuliah dulu, saya pernah makan kerupuk udang di sebuah restoran di daerah Jakarta Pusat. Kerupuk udang tersebut sangat enak, namun tidak ada nama ataupun logo di bungkusnya. 1 tahun lewat, saya coba mampir ke restoran tersebut lagi dan coba memesan kerupuk udang yang sama, ternyata tidak ada. Padahal apabila saya tahu namanya atau kalau ada logo-nya, pasti akan saya cari dan beli langsung!

Bayangkan apabila Anda adalah pemilik bisnis kerupuk udang tersebut. Apabila produk kamu sangat dicari oleh konsumen, namun konsumen tidak dapat menemukannya karena produk Anda tidak memiliki nama ataupun logo yang menjadi dasar dari identitas produk Anda. Anda akan kehilangan potential sales! dan ini menyebabkan bisnis Anda tidak dapat berkembang.

Pastinya Anda tidak ingin kejadian tersebut terjadi.

Apa Itu Branding?

Dari kejadian tersebut pemilik bisnis bukan hanya perlu untuk menjaga kualitas produk/jasa yang ditawarkan; namun juga perlu memperhatikan bagaimana cara membangun brand dan melakukan strategi branding dengan tepat.

Ada ribuan, bahkan jutaan pebisnis yang menjual produk yang sejenis dengan produk Anda. Brand hadir sebagai identitas; untuk membedakan produk yang Anda produksi dengan produk sejenis yang diproduksi oleh pebisnis lain. Dengan adanya brand, konsumen akan dapat memilih produk mana yang akan mereka konsumsi.

Sedangkan branding sendiri didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk membuat nama, simbol atau pun identitas untuk membedakan satu produk/jasa dengan produk/jasa yang lainnya. Maka dari itu, penting bagi entrepreneur/pemilik bisnis/start-up founder untuk mempertimbangkan bagaimana branding untuk produk/jasa yang ingin dijual.

Mengapa Anda Butuh Branding?

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang baru ingin memulai sebuah bisnis, mungkin Anda masih belum merasa butuh untuk membuat brand karena Anda sudah cukup percaya diri dengan produk yang sudah dibuat.

Namun sayangnya, produk/jasa yang Anda buat tidak dapat memasarkan dirinya sendiri. Anda harus membentuk sebuah brand untuk produk/jasa yang Anda buat untuk berbagai manfaat sebagai berikut:

  1. Memberikan Identitas Produk/Jasa Anda

Sama seperti apa yang sudah saya sampaikan pada beberapa paragraf sebelumnya; brand berfugsi sebagai identitas. Identitas itu lah yang membedakan produk/jasa Anda dengan produk/jasa sejenis milik kompetitor. Identitas brand yang paling dasar adalah logo desain.

  1. Menyampaikan Nilai Produk/Jasa Anda

Pada saat Anda membangun sebuah brand, berarti Anda sudah siap untuk menyampaikan pesan berupa nilai yang terkandung pada produk/jasa yang Anda produksi kepada masyarakat. Nilai yang Anda anut dan sampaikan tersebut bisa menjadi magnet tersendiri bagi target market dari produk/jasa yang brand Anda tawarkan.

  1. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan dan Target Market

Dengan adanya brand, berarti Anda telah membuka pintu komunikasi dengan target market dan calon pelanggan Anda. Brand akan menyampaikan berbagai pesan kepada masyarakat; nilai, kelebihan dari produk/jasa, unique selling point (USP) produk/jasa dan berbagai hal lainnya. Selain itu, kehadiran brand juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan review dari pelanggan yang telah mencoba produk/jasa dari brand Anda.

  1. Membangun Kredibilitas dan Persepsi

Setelah beberapa orang mencoba produk/jasa dari brand yang Anda buat, mereka akan mengetahui kredibilitas brand Anda dan mulai membangun persepsi mereka mengenai brand Anda.

  1. Mempermudah Proses Referral

Selain mendorong pembelian, kehadiran brand juga mempermudah proses referral yang mungkin akan dilakukan oleh customer Anda ketika mereka puas dengan produk/jasa yang diberikan brand Anda.

Sumber: blog.sribu.com

Share

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: