Jln. Pramuka RT. 26 No. 1 Banjarmasin
Kalimantan Selatan, 70238
0852 5110 2383
0857 5112 8566
wahyudi@klikbjm.com
info@pasarborneo.com

10 Alasan Sekolah Harus Punya Website

10 Alasan Sekolah Harus Punya Website

Di Era digital sekarang setiap sekolah membutuhkan website. Sekolah bisa mempromosikan sekolahnya melalui web. Di dalam website sekolah bisa menulis berbagai artikel mengenai kegiatan sekolah, aturan sekolah, profil sekolah, hasil karya anak-anak dan berbagai hal lainnya yang juga penting.

Di dalam website sekolah bisa ditulis , formulir pendaftaran sekolah,  informasi pengumuman, serta alamat dan kontak yang bisa dihubungi sehingga apabila ada orang yang mencari informasi tentang sekolah bisa langsung melihat pada websitenya langsung. Jadi, memang banyak sekali kegunaan website sehingga setiap sekolah di Indonesia harus memiliki website sendiri.

Ada 10 alasan sekolah memerlukan website sendiri. Kami telah merangkumnya pada sepuluh poin yang menjadi alasan mengapa setiap sekolah di Indonesia sebaiknya memiliki website sendiri.

1. Sekolah jadi lebih dikenal

Ada saja orang yang ingin tahu tentang sekolah kita. Paling mudah dicari adalah dengan membrowsing nama web sekolah dan segera mendapatkan informasi yang ingin didapat misalnya mencari kontak telepon dll. Dari web ini sekolah semakin dikenal tak hanya di dalam satu daerah namun dari daerah lainnya bisa mengakses website sekolah kita.

2. Orang tahu mengenai profil sekolah

Biasanya dalam website sekolah terdapat informasi sekolah secara detail misalnya mengenai NISN, NSS, NSM, alamat sekolah, nama kepala sekolah, dan berbagai hal yang tercantum detail pada profil sekolah. Dengan begitu orang akan lebih tahu mengenai sekolah kita.

3. Orang tahu dengan cepat informasi sekolah terbaru

Jika punya website sekolah maka, admin atau operator sekolah bisa mengunggah kegiatan atau kabar terbaru sekolah. Misalnya kegiatan class meeting sekolah, study tour sekolah, perpisahan, perlombaan 17-an, lingkungan sekolah dan berbagai informasi yang lain mengenai sekolah. Tiap ada kegiatan bisa diinformasikan ke dalam web.

4. Orang tua bisa melihat kegiatan sekolah anak

Jika para orang ingin melihat kegiatan sekolah maka, mereka bisa mencari pada alamat website sekolah putra-putrinya. Dengan cepat orang tua bisa browsing nama web sekolah dan mendapatkan informasi terbaru kegiatan sekolah.

5. Menjadi syarat pendataan di Kemdikbud dan Kemenag

Website sekolah wajib dimiliki oleh setiap sekolah baik di naungan kemdikbud dan kemenag. Biasanya dalam pendataan dapodik, emis, simpatika, dan lain-lain meminta data sekolah secara detail salah satunya adalah alamat website sekolah.

6. Informasi yang disampai lewat web semakin menarik

Sekarang jamannya digital sehingga dirasa lebih cepat dan menarik dibandingkan informasi dari media cetak. Melalui website sekolah  tampilan bisa lebih berwarna, bisa di zoom, bisa tinggal klik, dan bisa langsung memilih manakah informasi yang diperlukan.

Layanan Pembuatan Website

7. Bisa melihat perkembangan sekolah dari tahun ke tahun

Website sekolah juga bisa digunakan sebagai arsip dari tahun ke tahun. Dengan mengunggah apa saja perkembangan sekolah dari tahun ke tahun bisa menjadi memory dan bentuk pengembangan sekolah ke depannya. Jika tahun ini seperti ini maka tahun depan bisa direncanakan untuk lebih baik lagi.

8. Bisa dijadikan promosi saat ajaran baru

Melalui web tentu saja sekolah semakin mudah untuk share kepada calon siswa baru mengenai sekolahnya. Mereka bahkan bisa mendaftar melalui sistem online di website sehingga saat ajaran baru website sangat penting. Di sini lain calon siswa bisa melihat kegiatan sekolah sebelumnya. Jika tertarik, mereka pasti mau mendaftar ke sekolah tersebut.

9. Memberikan edukasi pada siswa mengenai informasi digital

Di beberapa tugas sekolah seperti bahasa Indonesia dan bahasa Inggris siswa selalu ditugaskan untuk membuat hasil karya tulisanya seperti bentuk teks atau cerpen. Karena itu, website sekolah sangat diperlukan untuk mengedukasi siswa. Setelah mereka menulis hasil karya di lembaran, mereka bisa mengetiknya dan mengupload di website sekolah sehingga tulisan mereka bisa dibaca oleh siapapun.

10. Siswa rajin membuat karya

Website sekolah terlihat menarik bagi anak milenial makanya, mereka akan rajin membuat hasil karya seperti karya tulis, karya menggambar, karya sederhana, dan berbagai karya lainnya. Mereka akan lebih rajin dari biasanya karena pada semua karyanya bisa mereka wujudkan di dalam website sekolah. Jika telah lulus nanti mereka masih bisa melihat hasil karya mereka yang telah lalu.

Share

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: