fbpx
Jln. Pramuka RT. 26 No. 1 Banjarmasin
Kalimantan Selatan, 70238
0852 5110 2383
0857 5112 8566
wahyudi@klikbjm.com
info@pasarborneo.com

Up Selling Strategi Penjualan Zaman Now

Up Selling Strategi Penjualan Zaman Now

Up Selling Strategi Penjualan Zaman Now. Dalam dunia marketing sering ditemukan istilah upselling dan cross-selling. Dua strategi ini paling banyak digunakan untuk kegiatan berjualan. Dulunya, kedua strategi ini ditemui dibisnis restaurant dan perhotelan. Namun, seiring berjalannya waktu, teknik ini juga banyak diterapkan pada bisnis online dan bidang usaha lainnya.

Secara tidak sadar, kita sering menjadi korban dari kedua teknik ini. Ketika berbelanja di supermarket tidak jarang pegawai supermarket juga menawarkan porduk yang sedang promo atau pun produk lainnya, sehingga kita pun tertarik untuk membelinya karena berpikir produknya lagi murah. Ketika memesan makanan dan minuman di gerai cepat saji, kita selalu ditawarkan untuk menambah menu lainnya sehingga membius pikiran kita untuk membeli lebih banyak. Pernahkan menjadi “korban” dari teknik ini? Yuk, gunakan juga teknik ini untuk menentukan strategi bisnis Anda kedepannya.

Nah, ulasan dibawah ini akan membahas mengenai teknik upselling yang bisa Anda aplikasikan ke bisnis online Anda.

Sedikit berbeda dengan cross selling, teknik upselling adalah teknik pemasaran untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang lebih mahal dari kategori yang sama, brand yang sama, atau menambahkan fitur pada produk utama yang telah dibeli konsumen.  Jika penjualan offline dengan teknik upselling mengharuskan kalian menguasai komunikasi verbal yang baik untuk mempengaruhi konsumen, maka pada penjualan online dengan teknik upselling dibutuhkan copywriting produk yang menarik.

Pada teknik penjualan upselling, kalian tidak dituntut untuk mengenali konsumen demi mengetahui kebutuhannya. Namun pada teknik upselling, kalian dituntut untuk menguasai keunggulan suatu produk agar bisa menawarkannya kepada konsumen.  Misalnya saja jika seorang konsumen sudah memutuskan untuk membeli sebuah laptop, maka kalian bisa menawarkan untuk meng-upgrade prosesor. Tentu saja kalian harus menjelaskan manfaat-manfaat yang diperoleh konsumen jika melakukan upgrade prosesor. Pada contoh ini, kalian sedang mendorong konsumen untuk membelanjakan lebih banyak uang atas produk yang mereka pilih.

Pada penjualan online, teknik upselling dapat dilakukan dengan menawarkan biaya pengiriman gratis untuk pembelian di atas jumlah tertentu. Atau bisa juga berupa potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak. Cantumkan penawaran tersebut pada iklan online agar iklan tersebut menarik perhatian konsumen. Begitu pula jika kalian memanfaatkan sosial media marketing. Tawaran seperti ini akan mengundang orang untuk membagikan iklan kalian dan menandainya sehingga penjualan produk berpotensi mengalami peningkatan.

Berikut beberapa contoh untuk mempermudah Anda memahami mengenai teknik upselling dan cross selling.

1. Tawarkan Lebih

Jika ada pelanggan Anda yang ingin membeli produk Value Kitchen yang merupakan satu set peralatan masak yang basic, maka Anda bisa juga menawarkan produk lainnya seperti New Vienna Family Set untuk wadah sajinya dengan kualitas yang baik, atau bisa juga dengan produk lainnya yang memang dibutuhkan.

2. Promo Bundling

Promo bundling maksudnya adalah Anda menjual dua produk yang berbeda menjadi satu paket. Misalnya Value Kitchen dan produk lainnya Anda jual menjadi satu paket, namun sebelumnya Anda harus menghitung berapa harga modal dan keuntungannya, kemudian barulah Anda menentukan harga jual paketnya.

3. Beri Harga Promo

Berikan harga promo untuk produk kedua jika pembelian produk yang utama sebanyak lebih dari satu. Misalnya Anda ingin menjadikan Value Kitchen sebagai produk utamanya, Anda bisa membuat promo seperti ini, untuk pembelian Value Kitchen sebanyak 3 set, maka customer bisa juga membeli Marianne Frosty dengan harga promo (harga harus lebih murah dari harga jual biasanya)

4. Beri Bonus atau Hadiah

Berikan hadiah jika customer membeli produk utama dengan jumlah lebih dari satu set. Sebagai contoh dengan produk Value Kitchen, Anda bisa memberikan hadiah ke pembeli dengan ketentuan pembelian Value Kitchen sebanyak 2 set mendapatkan FREE 2 katalog, jika pembelian sebanyak 3 set mendapatkan FREE 100 lembar flyer.

5. Deal of the Day atau Penawaran Terbatas

Untuk srategi Deal of the Day ini, Anda bisa membuat pengumuman misalnya di toko online Anda atau pun pengumuman di depan rumah Anda 3 hari sebelumnya mengenai promo Deal of the Day yang akan Anda lakukan. Jangan lupa mencantumkan range harga dari berapa sampai berapa, jangan lupa harganya harus harga promo fantastis ya… agar siapa saja yang melihat tertarik untuk mencari informasinya. Sertakan juga promo Deal of the Day Anda berlangsung selama berapa lama, gunanya agar pembeli sudah mempersiapkan diri.

Nah, itu tadi beberapa contoh strategi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan upselling dan cross selling. Dengan optimis, kerja keras, juga berinovasi, bisnis Anda pasti semakin berkembang. Selamat mencoba..

Share

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: