fbpx
Jln. Pramuka RT. 26 No. 1 Banjarmasin
Kalimantan Selatan, 70238
0852 5110 2383
0857 5112 8566
wahyudi@klikbjm.com
info@pasarborneo.com

Mengenal Lebih dekat dengan Domain dan Hosting

Mengenal Lebih dekat dengan Domain dan Hosting

Mengenal Lebih dekat dengan Domain dan Hosting. Tentunya Anda sering mendengar istilah domain dan hosting dalam dunia maya atau internet. Artikel ini akan menjelaskan apa itu pengertian Domain dan Hosting khusus untuk anda yang baru di dunia internet dan belum mengenal istilah tersebut.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama pengganti dari ip address yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya nama website. Contoh nama domain : klikbjm.com

Jika boleh diibaratkan, domain adalah sebuah alamat rumah dimana Anda tinggal

Dalam hal jenis, Domain ada beberapa jenis, yaitu domain jenis TLD dan jenis Free domain. TLD adalah kependekan dari Top Level Domain, atau dalam bahasa sederhananya yaitu domain berbayar (minimal satu tahun). Untuk satu alamat/nama domain hanya bisa dimiliki satu secara internasional. Sehingga Anda tidak akan pernah menemukan satu domain duplikasi. Sedangkan free domain adalah domain yang bebas kita peroleh, tanpa mengeluarkan biaya pembelian, namun ada nama ikutan dibelakang nama domain yang kita inginkan. Contoh nama website dengan nama domain gratisan: jalansehat.wordpress.com

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data digital yaitu termasuk text, gambar, atau video yang nantinya kesemua informasi tersebut akan di tampilkan dalam bentuk website. Nah jika domain adalah alamat rumah tinggal Anda, maka hosting adalah tanah/lahan tempat alamat tersebut dilekatkan. Seperti halnya domain hosting pun juga ada beberapa jenis.

Berbagai Jenis Hosting

Perlu diketahui, ada beberapa jenis hosting dipenyedia layanan hosting. Berikut keterangan singkat tentang macam-macam hosting tersebut:

  • Free Hosting Service (hosting gratis): Hosting tanpa biaya sewa sepeser pun. Bagi Anda yang sedang belajar membuat website bisa menggunakan domain dan hosting gratisan, tentu dengan kelemahan diantaranya support dan fitur yang diberikan sangat minim, kadang-kadang terdapat iklan.

Hosting Berbayar

  • Shared Hosting Service : Lebih baik dari Free Hosting Service, shared hosting relatif lebih stabil dan pelayanan yang diberikan lebih baik. Di sini website Anda disimpan di CPU yang dipakai bersama dengan website lainnya, tetapi stabilitas website akan terjaga. Anda dapat memilih berapa kapasitas/space hardisk hosting yang Anda inginkan, saran saya untuk website baru beli kapasitas hosting kecil dahulu dengan durasi sewa minimal 3 bulan. Nah jika traffik Anda dan isi web Anda sudah mulai banyak barulah Anda tingkatkan kapasitas hosting. Klik disini jika Anda ingin memakai layanan hosting. Kelemahannya adalah ketika pengunjung mencapai batas resource penggunaan CPU, website kita akan down.
  • Dedicated Hosting Service: Yang ini hampir tidak mempunyai kelemahan, hanya saja biaya yang dikeluarkan relatif mahal. Di sini kita memakai full satu server untuk website kita sendiri. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita, konfig sana sini dan layanan super cepat dari Support Hosting.
  • Cloud Hosting Services: Kalau ini lebih powerfull lagi, jenis server ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan menghendelnya atau backup dari server yang down. Untuk harga saya tidak bisa menyebutkan, tetapi kebanyakan dihitung bukan per bulan, tetapi per jam.

Terakhir sebuah website mestilah mempunyai sebuah alamat domain dan hosting, Nah jika Anda ingin membuat sebuah website tanpa berpusing-pusing ria, silahkan hubungi kami tim buatweb.klikbjm.com

Share

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: