Jln. Pramuka RT. 26 No. 1 Banjarmasin
Kalimantan Selatan, 70238
0852 5110 2383
0857 5112 8566
wahyudi@klikbjm.com
info@pasarborneo.com

Jurus Lulus Seleksi CPNS 2018

Jurus Lulus Seleksi CPNS 2018

Jurus Lulus Seleksi CPNS 2018. Pemerintah secara serentak membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 pada Rabu ini atau tepatnya 19 September 2018.

Tak tanggung-tanggung, ada 238.015 formasi yang ditawarkan pada penerimaan CPNS kali ini. Rinciannya, 51.271 formasi yang ditawarkan oleh Pemerintah Pusat. Sisanya sebanyak 186.744 formasi ada di Pemerintah Daerah.

“Total formasi itu untuk 76 Kementerian dan Lembaga di Pemerintahan Pusat serta 525 Pemerintah Daerah baik provinsi kabupaten dan kota,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin di Jakarta.

Angka formasi yang disiapkan pada tahun ini sangat jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan penerimaan CPNS pada tahun lalu. Di 2017, pemerintah menawarkan 37.138 formasi.

Besarnya kuota formasi yang dibuka, tentu menarik perhatian banyak kalangan untuk mencoba peruntungan nya di seleksi tahun ini. Diantara tip dan trik untuk bisa Lulus Seleksi CPNS 2018 dalam semua tahapan seleksi CPNS, yaitu:

Pelajari secara teliti formasi yang disediakan,

Sehinga Anda dapat memilih mana formasi yang cocok dengan kriteria pendidikan Anda, juga jangan lupa memperhatikan penempatan ketika lulus CPNS. Jangan sampai Anda menyesal ditempatkan pada lokasi yang Anda tidak inginkan, karena dalam seleksi kali ini, ada batas minimal 10 tahun pengabdian dilokasi penempatan.

Pastikan persyaratan Anda lengkap saat mendaftar

Agar keinginan Anda untuk menjadi PNS bisa terwujud, maka persiapan yang matang sangat diperlukan. Tidak hanya mempersiapkan kemampuan diri untuk mengikuti tes, persyaratan dan berkas administrasi juga mutlak harus diperhatikan dengan teliti, supaya lolos seleksi administrasi.

Pelajari kisi-kisi tes CPNS

Sebelum seleksi dimulai, pihak kementerian biasanya memberikan kisi-kisi mengenai seleksi serta materi apa saja yang akan keluar saat tes berlangsung. Pastikan Anda membaca kisi-kisi tersebut dengan baik.

Berlatih mengerjakan soal

Anda bisa pergi ke toko buku untuk menemukan kumpulan soal-soal tes CPNS. Beberapa situs juga ada yang menyediakan contoh soal yang telah diujikan dalam seleksi CPNS sebelumnya. Anda bisa mengerjakan soal ini sembari berlatih meningkatkan kemampuan Anda.

Hitung waktu Anda dalam mengerjakan soal

Pelamar juga akan mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Selain mencoba berlatih mengerjakan soal, Anda juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan saat mengerjakan soal tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda bisa benar-benar memakai waktu tes dengan bijak.

Pelajari seluk beluk posisi diinginkan

Jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk posisi yang inginkan. Lakukan riset sebanyak yang Anda butuhkan untuk meruntuhkan rasa panik yang kemungkinan besar akan melanda diri Anda. Hal ini krusial, agar Anda memiliki senjata ampuh untuk menghadapi kemungkinan buruk yang mungkin timbul saat sedang menjalani tes nantinya.

Persiapkan badan dan mental Anda dalam kondisi terbaik

Jantung terasa berdebar, pikiran yang tidak tenang, sikap khawatir, adalah contoh yang kerap dialami orang yang akan menghadapi tes masuk kerja. Meski merupakan hal lumrah, hal ini bisa saja mengganggu Anda untuk mengisi tes dengan baik.

Untuk menghindari hal ini, pastikan tubuh dan mental Anda benar-benar siap sebelum mengikuti tes. Olahraga dan tidur yang cukup bisa membuat Anda makin siap dalam menghadapi tes ini.

Jangan berbohong saat mengisi tes kepribadian

Dalam seleksi CPNS 2018 nanti, pelamar akan mengikuti Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Karena sifatnya merupakan tes kepribadian, maka pastikan jawaban yang Anda isi benar-benar jujur. Hindari juga niat untuk mengisi dengan jawaban yang mengada-ada hanya agar Anda bisa diterima.

Share

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: